Kamis, 30 Desember 2010

Perancangan Penggunaan Data Warehouse untuk MQ Corporation

MQ Corporation merupakan sebuah corporate di Bandung yang cukup berkembang dengan baik. Bidang bisnis yang digeluti oleh MQ Corporation bermacam-macam, contohnya radio MQ, MQ TV, Tabloid MQ, Kafe MQ, MQ Jernih, Swalayan MQ, MQ Travel, dan masih banyak lagi yang lain. Karena anak perusahaan dari MQ Corporation ini cukup banyak, maka pengelolaannya cenderung masih terpisah. Oleh karena itulah, sepertinya usulan mengenai penggunaan data warehouse sangat cocok untuk studi kasus di MQ Corporation. Pentingnya penggunaan datawarehouse yaitu untuk mengintegrasikan semua data-data yang ada di tiap-tiap anak perusahaan sehingga diperoleh data yang agregat, dan akhirnya dapat menunjang kemudahan bagi top manager perusahaan dalam mengambil keputusan.

Tujuan dari usulan diimplementasikannya data warehouse pada MQ Corporation adalah untuk membuat data-data yang semula masih terpisah-pisah menjadi data yang agregat. Dengan demikian, data akan mudah diolah menjadi sebuah informasi yang mendukung para eksekutif dalam hal membuat keputusan dan menetukan kebijakan. Kebijakan yang diambil akan berkaitan dengan strategi bisnis untuk masa depan.
 
ESS diimplementasikan pada MQ Coorporation yang memiliki banyak anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Penggunaan ESS yang memanfaatkan data warehouse bertujuan untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber basis data yang tersebar di seluruh anak perusahaan MQ untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pengambilan keputusan oleh pihak eksekutif.
 
Pada MQ Coorporation, tidak terdapat basis data terintegrasi antara semua anak perusahaan. Basis data dikelola secara lokal dan terpisah untuk semua anak perusahaan, dengan masing – masing perusahaan menerapkan format data yang tidak seragam. Hal ini akan mempersulit pihak eksekutif, yaitu pihak yang menduduki jabatan di pusat, dalam hal pengambilan keputusan yang sifatnya global. Data yang tersebar ini akan menyulitkan pihak eksekutif dalam melakukan analisis untuk mengekstrak data menjadi informasi yang diperlukan.

Selain itu, basis data umumnya digunakan untuk menyimpan data yang terperinci. Hal ini kurang sesuai dengan kebutuhan data yang datang dari pihak eksekutif. Pihak eksekutif umumnya menginginkan data yang berupa rangkuman, dan dalam bentuk tampilan grafis berupa diagram untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan.

Adapun permasalahan yang mungkin dihadapi dalam mengimplementasikan ESS pada MQ Coorporation, berkaitan dengan banyaknya anak perusahaan yang dimiliki adalah :
  1. Antara satu basis data dengan basis data lainnya ada kemungkinan terdapat inkompatibilitas data, hal ini disebabkan oleh tidak diterapkannya format standar untuk data.
  2. Mengekstrak informasi. Dari berbagai data yang tersimpan pada data warehouse, sebuah ESS dituntut untuk dapat mengekstrak data mentah dari berbagai sumber yang tersedia, untuk kemudian menghasilkan informasi yang berguna untuk pihak eksekutif, biasanya untuk memprediksi trend untuk lima tahun ke depan.
Untuk mengekstraksi informasi, perlu ditentukan format request informasi kemudian dicocokkan dengan data yang terdapat pda data warehouse. Sebagai ilustrasi, misalkan informasi yang diminta adalah berupa informasi umum dari seluruh anak perusahaan yang dipegangnya. Misalkan format data yang telah ditentukan untuk request informasi tersebut adalah berupa : jumlah pengeluaran pada bulan tersebut, segmentasi customer, biaya operasional per bulan, serta alokasi biaya resiko.
  1. Menjaga akurasi data. Dalam hal ini, timbul masalah bagaimana memastikan data yang diakses oleh pengguna ESS adalah data yang diinginkan.
  2. Menentukan selang waktu yang tepat untuk memproduksi dan menyimpan data ke dalam data warehouse. Misalkan menentukan frekuensi pengumpulan data dari seluruh anak perusahaan, apakah satu bulan, dua bulan, atau selang waktu yang lain.
Menentukan batas waktu untuk menyimpan data. Mengingat jumlah data yang tersimpan bisa mencapai jumlah yang sangat banyak, oleh karena itu perlu ditentukan batas waktu penyimpanan data. Agar menghemat kapasitas memori dan meningkatkan performansi ESS dari segi kecepatan.
Perancangan Sistem Pada MQ Corporation
Untuk menyelesaikan beberapa persoalan yang dihadapi oleh MQ corporation, akan dibuat sebuah rancangan sistem. Sistem yang dimaksud terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
  • Database lokal
Komponen ini adalah berbagai database yang saat ini telah ada di MQ corporation yaitu database  yang ada di anak perusahaan seperti MQ TV, MQ FM, MQ Tour and Travel, dsb. Data yang ada di setiap anak perusahaan MQ Corporation disimpan dalam database lokalnya. Tidak ada perubahan yang dilakukan terhadap komponen ini, dalam arti sistem yang saat ini telah berjalan dapat langsung digunakan.
  • Data warehouse terpusat
Komponen ini adalah komponen yang mengintegrasikan beberapa database lokal yang ada menjadi suatu wadah data yang terintegrasi (tidak dikelompokkan menurut data tertentu). Datawarehouse ini membutuhkan proses ETL (ekstraksi, Transformation, dan Loading ) untuk mengambil dan memindahkan data yang ada di setiap database lokal. Data yang disimpan dalam datawarehouse ini sifatnya tidak terstruktur dan masih berupa data mentah (belum siap untuk dikonsumsi).
  • Data Mart
Komponen ini adalah komponen yang berisi data yang berasal dari datawarehouse dan telah dikelompok-kelompokkan sesuai dengan kebutuhan MQ Corporation.
Proses pengelompokan data yang ada datawarehouse juga membutuhkan proses ekstraksi dan loading. Data dari datawarehouse akan dikelompok- kelompokkan sesuai dengan karakteristik / kebutuhan konsumsi, misalnya : Data Mart Marketing, Data Mart CRM, dsb.
  • Proses ETL (Extract, Transform, dan Load)
Proses ini adalah proses pengekstrasian dan pemindahan data, baik itu dari database lokal ke datawarehouse maupun dari datawarehouse ke data mart.
  • OLAP
Komponen ini bertugas untuk mengambil dan menganalisis data yang terdapat dalam datawarehouse menjadi informasi yang dibutuhkan oleh eksekutif yang ada di MQ Corporation.
Karena Datawarehouse dirancang untuk memenuhi kebutuhan integrasi data di level corporate, maka datawarehouse ini harus menyimpan data-data yang juga di butuhkan oleh corporate. Berikut beberapa atribut yang harus dipenuhi data di datawarehouse ;
Keadaan dimana implementasi aplikasi ESS di MQ baik untuk dilakukan :
Aplikasi ESS yang ada di MQ ini sangat membantu dalam hal mengintegrasikan data yang tersebar di berbagai anak perusahaan MQ Corporation. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak eksekutif MQ Corporation.
 
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari data yang telah terintegrasi ini antara lain :
1.        Proses pelaporan keadaan perusahaan menjadi lebih cepat dilakukan.
Contoh : Laporan penjualan keseluruhan untuk tertentu, laporan keuntungan keseluruhan untuk waktu tertentu, dsb.
2.        Data customer / pelanggan yang telah terkumpul dari berbagai anak perusahaan dapat diolah lebih lanjut/ dilakukan proses segmentasi untuk kemudian ditemukan pelanggan potensial MQ Corp. Data pelanggan yang telah tersaring ini dapat dikonsumsi oleh kalangan eksekutif yang selanjutnya dapat dilakukan strategi untuk penerapan langkah- langkah selanjutnya (misal:dilakukan strategi cross-selling / up-selling kepada pelanggan potensial tersebut)
3.        Proses Query untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan perusahaan menjadi lebih cepat dilakukan.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar